In House Training Service Excellence

In House Training Service Excellence

Dengan Hormat,

Rumah sakit dibangun untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Ketika Calon Pasien/Pasien berada di rumah sakit, yang terlintas di pikiran adalah rasa takut dan bosan.

Sedangkan tujuan utama didirikan rumah sakit memang untuk memberikan pelayanan prima (service excellent) pada calon pasien/pasien mereka. namun, banyak sekali rumah sakit yang hanya asal-asalan saja dalam melayani pasien mereka. Tidak sedikit dari tenaga medis maupun tenaga pendudkung yang memberikan pelayanan kurang memuaskan pasien dan pada akhirnya pasien kapok berobat di rumah sakit tersebut.

Pelayanan Prima (Excellent Service) menurut pengertian “ Pelayanan”, yang berarti “usaha melayani kebutuhan orang lain” atau dari pengertian ”melayani “ yang berarti ”membantu menyiapkan (mengurus) apa yang diperlukan seseorang”. Dengan Prima atau excellent yang berarti bermutu tinggi dan memuaskan.

Menenuhi apa yang diperlukan customer dan cara memberikan pelayanan yang disertai dengan sikap dan perilaku melayani dengan baik dan benar merupakan esensi dari organisasi bisnis agar dapat bertahan dan terus berkembang. Untuk itu maka pelatihan dan pengembangan sikap dan perilaku melayani dan pengembangan sistem pelayanan berupa “standard service” merupakan aktivitas yang perlu dan penting untuk dilaksanakan. Pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan yang penting untuk mencapai kedua sasaran tersebut.

Pelayanan prima dapat berhasil dilaksanakan didasarkan pada: 1).Kemampuan, adalah pengetahuan dan keterampilan tertentu yang mutlak diperlukan untuk menunjang program layanan prima, yang meliputi kemampuan dalam bidang kerja yang ditekuni, melaksanakan komunikasi yang efektif, mengembangkan motifasi dan menggunakan public relation sebagai instrument dalam membina hubungan ke dalam dan ke luar organisasi/perusahaan. 2).Sikap, adalah prilaku atau perangai yang baru ditonjolkan ketika menghadapi pelanggan, 3).Penampilan, adalah penampilan seseorang baik yang bersifat fisik maupun non fisik, yang mampu merefleksikan kepercayaan diri dan kreadibilitas dari pihak lain, 4).Perhatian, adalah kepedulian penuh terhadap pelanggan baik yang berkaitan dengan perhatian akan kebutuhan dan keinginan pelanggan maupun pemahaman atas saran dan kritiknya, 5).Tindakan, adalah berbagai kegiatan nyata yang harus dilakukan dalam memberikan layanan kepada pelanggan, 6).Tanggung jawab, adalah suatu sikap keberpihakan kepada pelanggan sebagai wujud kepedulian untuk menghindarkan atau meminimalkan kerugian.

Pada Tanggal 23 Desember 2021 Lembaga Studi Manajemen Akuntansi dan Pemerintahan Bersama RSUD Menggala Kabupaten Tulang Bawang telah melaksanakan In House Training dengan Tema : “Service Excellence Bagi Tenaga Frontliner” peserta yang hadir yaitu Case manager, Security, Juru parkir, Pekarya, dan Cleaning Service.

Kesimpilan pada kegiatan In House Training ini yaitu :

1.RSUD Kabupaten Tulang Bawang mampu menampung atau memberikan pelayanan kepada masyarakat/pasien dalam jumlah besar yang sesuai kapasitasnya, dengan berbagai macam bidang pelayanan yang salah satunya adalah pusat layanan rawat inap penyakit dalam. Sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan, RSUD Kabupaten Tulang Bawang harus mampu memberikan pelayanan yang berkualitas prima bagi semua masyarakat/pasien baik itu dari golongan ekonomi menengah keatas ataupun menengah kebawah. 2.Peningkatan kualitas pelayanan terutama layanan kesehatan diharapkan dapat berlangsung secara terus menerus supaya dapat meningkatkan mutu pelayanan yang berkualitas dan menciptakan kepercayaan yang baik dimata masyarakat/pasien. Pelayanan di bidang kesehatan merupakan salah satu bentuk pelayanan yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat 3.Dalam indikator partisipatif, dengan sub indikator memberikan perhatian mendengarkan keluhan pasien dan adanya rasa persahabatan yang baik antara dan pasien perlu ditingkatkan sesuai dengan keinginan dan harapan pasien dengan memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan dengan selalu memperhatikan dan selalu menumbuhkan rasa persahabatan diantara frontliner dan pasien, sehingga tidak ada lagi tanggapan yang negatif atau kurang baik terhadap kualitas Kualitas pelayanan yang sudah berjalan dengan baik, dan dapat memperbaiki serta meningkatkan pelayanan yang belum dapat berjalan/terlaksana dengan baik. Ini semua perlu dilakukan agar kualitas pelayanan di RSUD Kabupaten Tulang Bawang dapat benar-benar menjadi kualitas pelayanan yang prima.

Kami segenap Panitia mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan kepercayaan kepada Lembaga Studi Manajemen Akuntansi dan Pemerintahan dalam penyelenggaraan kegiatan In House Training ini.

Bagi RSUD, Puskesmas, atau Perusahaan yang ingin kerjasama/ menyelenggarakan In House Training silahkan Hubungi Sekretariat di No. HP/WA : 0811-157-8484. HP/WA : 0812-8780-8484. email : pusdiklatlsmap.info@gmail.com

Categories: BIMTEK RUMAH SAKIT-PUSKESMAS,BIMTEK,BIMTEK PEMERINTAHAN,BIMTEK RUMAH SAKIT BUMN BUMD,BIMTEK SATPOL PP,INFO BIMTEK,INFO JADWAL BIMTEK/ DIKLAT,PELATIHAN PERUSAHAAN-PT-CV

Tags: ,,,,,,

Comments are closed

error: Content is protected !!